Membaca Surat ini Setiap Malam, Akan Terhindar dari Kefakiran dan Kemiskinan Selama-lamanya


Al-Waqi'ah merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamaan sebagai pembuka pintu rezeki. Surat ke-56 ini berisi kandungan iman dan tauhid, bukti kekuasaan Allah SWT serta adanya hari kebangkitan. Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa siapa yang rutin membaca surat ini, akan terhindar dari kefakiran selama-lamanya.

Sebuah riwayat menceritakan kisah sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Abdullah bin Mas’ud yang sangat miskin sedang menghadapi sakartul maut. Saat ditanya apa pemberian yang diinginkan untuk ditinggalkan kepada anak-anaknya, maka Abdullah menjawab, Ia tidak memerlukan hal tersebut karena sudah mewasiatkan mereka untuk membaca Surat Al Waqiah setiap hari agar terhindar dari kemiskinan. Menurutnya Rasulullah selalu mecontohkan hal tersebut sebagai amalan pembuka rezeki.

Al Waqiah memang menjadi surat yang terkenal dengan khasiatnya untuk mendatangkan rezeki. Hal ini berdasarkan banyak hadis Nabi Muhammad SAW. Sa’ad Al Mufti mengatakan, bahwa hadis-hadis tentang keutamaan Al Waqiah sebagai pembawa rezeki ini sahih. Berikut ini keutamaan dan khasiat Surat yang memiliki 96 ayat ini.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Waqiah

1. Jika surat ini dibacakan setiap malam, maka Allah SWT akan menghindarkan manusia dari kefakiran dan kemiskinan selama-lamanya. Untuk itu Nabi Muhammad SAW menghimbau agar suami menyuruh istri dan anak-anaknya untuk membaca surat ini setiap malam.

“Siapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap malam maka dia tidak akan tertimpa kefakiran dan kemiskinan selamanya. Dan Surat Al Waqiah adalah surah kekayaan, maka bacalah ia dan ajarkan kepada anak-anakmu semua.”

“Ajarkanlah Surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

2. Sebagian ulama memfatwakan bahwa dengan membaca surat ini setiap hari dan malam dalam satu majlis sebanyak 40 kali, selama 40 hari pula, maka Allah akan memudahkan rezekinya dengan tanpa kesukaran dan mengalir terus dari pelbagai penjuru serta berkah pula.

3. Siapa yang mengamalkan untuk membaca surat ini sebanyak tiga kali ba’da Subuh dan Isya, maja tidak akan berlalu masa setahun itu melainkan ia akan dijadikan seorang yang hartawan lagi dermawan.

4. Jika surat ini dibacakan di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, Insya’Allah di permudahkan untuk roh keluar dari jasadnya. Surat ini juga dibaik dibcakan ketika menjenguk orang sakit, maka aka diringankan sakitnya oleh Allah. Baik juga dibacakan kepada orang yang akan melahirkan, agar proses persalinanya menjadi lancar.

5. Al Waqiah juga mampu mendatangkan rezeki yang sangat berlimpah bagai air bah, jika dalam amalannya diawali dengan berpuasa selama satu minggu yang dimulai pada hari Jumat. Selama menjalani ini harus rutin membaca surah ini setelah habis shalat hingga Jumat berikutnya. Setelah selesai amalan ini maka hendak memperbanyak sedekah, kemudian jadikan surat ini sebagai amalan rutin dari pagi hingga malam, insyaallah rezeki mengalir seperti air bah.

6. Jika menjadikan surat ini menjadi wirid, maka Allah SWT memberikan kemudahan dan kesenangan selama-lamanya.

Sudah siapkah Anda untuk mempraktikkan? Ayat-ayat Allah memang selalu memberikan keberkahan. Khusus untuk Al Waqiah sudah banyak orang yang mempraktikan memperoleh kebenaran dari hadis-hadis yang menjadi sabda Nabi Muhammad ini. Bacalah Surat Al Waqiah ini dengan hati yang ikhlas memohon rezki dari-Nya. Dalam niat kita dengan rezeki yang banyak kita dapat beribadat kepadaNya dan membuat amal jariah. Insyaallah Allah SWT memperkenankan doa-doa kita. (iyc)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment